Sabtu, 09 Mei 2015

NAMA : FUAD HASAN
NIM : 2014330033
MAKUL : PENDIDIKAN PANCASILA

1.a.  Hubengan  sumberdaya pembangunan dengan  sumberdaya manusia
          Hubungan ini adalah hubungan terpenting dalam sumberdaya pembangunan, untuk membangun tentunya harus meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terlebih dahulu. Sehingga pembengunan dapat berjalan dengan baik.
1.b. hubungan sumberdaya pembangunan dengan  sumber daya alam
          Hubungan ini tampaknya tidak bermasalah di negeri kita, karena Negara kita termasuk Negara kaya akan sumberdaya alamnya. Tetapi di samping memenfaatkan alam hendaknya kita juga harus menjaga dan melestarikan alam kita agar tidak rusak pastinya.
1.c. hubungan sumberdaya pembangunan dengan capital
          Hubungan ini Sumber daya manusia sebagai salah satu faktor produksi selain sumber daya alam, modal, entrepreneur untuk menghasilkan output. Semakin tinggi kualitas sumber days manuals, maka semakin meningkat pula efisiensi dan produktivitas suatu negara. Sejarah mencatat bahwa negara yang menerapkan paradigma pembangunan berdimensi manusia telah mampu berkembang meskipun tidak memiliki kekayaan sumber daya alam yang berlimpah. Penekanan pada investasi manusia diyakini merupakan basis dalam meningkatkan produktivitas faktor produksi secara total. Tanah, tenaga kerja, modal fisik bisa saja mengalami diminishing return, namun ilmu pengetahuan tidak. Robert M. Solow menekankan kepada peranan ilmu pengetahuan dan investasi modal sumber daya manusia dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Dad teori Solow ini kemudian dikembangkan teori baru pertumbuhan ekonomi yang dikenal sebagai The New Growth Theory. (H. A. R. Tilaar, 2000)
1.d. hubungan sumberdaya pembangunan dengan ilmu teknologi (IT)
          Hubungan ini tidak kalah pengting seperti sumberdaya manusia, seiring perkembangan jaman semakin canggih alat alat teknologi yang di gunakan dalam kehidupan kita.seperti contohnya gadged yang semakin hari semakin canggih bahkan sekarang untuk berhubungan tatap muka tiada pembatas antara ruang dan waktu. Kita dapat mengakses berita berita secara actual dan terkini kapanpun. Bukan hanya itu peralatan pertanian juga semakin canggih, contohnyo dahulu membjak sawah dengan kerbau kalau sekarang sudah dengan sudah menggunakan traktor.
2. dalam soal nomer 2 ini saya memilih sumber daya pembangunan khususnya ilmu teknologi (IT)  untuk menjelaskan secara singkat keterkaitan pancasila sebagai dasar dengan :
a. filosofi
                Filosofi adalah studi mengenai kebijaksanaan, dasar dasar pengetahuan, dan proses yang digunakan untuk mengembangkan dan merancang pandangan mengenai suatu kehidupan. Filosofi memberi pandangan dan menyatakan secara tidak langsung mengenai sistem kenyakinan dan kepercayaan. Setiap filosofi individu akan dikembangkan dan akan mempengaruhi prilaku dan sikap individu tersebut. Seseorang akan mengembangkan filosofinya melalui belajar dari hubungan interpersona, pengalaman pendidikan formal dan informal, keagamaan, budaya dan lingkungannya. Jadi hubngan antara sumberdaya pembanguna ilmu teknologi dengan pancasila sbagai dasar dengan filosofi yaitu Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ini sanggup membawa berkah bagi umat manusia berupa kemudahan-kemudahan hidup, yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan dalam benak manusia.
b. sosiologi
          siologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala sosial (misalnya gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral), sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non-sosial, dan yang terakhir, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.hubungannya yaitu Secara sosiologi, perencanaan sosial didasarkan pada perincian pekerjaan yang harus dilakukan dalam rangka mempersiapkan masa depan yang lebih baik daripada sebelumnya. Contoh, pada masa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti saat ini, tentunya akan membawa dampak positif maupun negatif. Hal ini berarti diperlukan persiapan untuk menggunakan perencanaan dengan meningkatkan kemampuan masyarakat demi mencapai kemajuan. Sehingga teknologi bukan menjadi beban dan justru tidak bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.
C. yuridis
                arti yuridis adalah ikatan hukum antara negara dengan orang-orang pribadi yang karena ikatan itu menimbulkan akibat, bahwa orang-orang tersebut jatuh di bawah lingkungan kuasa pribadi dari negara yang bersangkutan atau dengan kata lain warga dari negara itu.
               
 D. PIP



0 komentar:

Posting Komentar

mohon di komen jika ada kesalahan dalam pengerjaan saya dan mempermudah saya mengoreksi tugas saya trims :
NB : jika gambar tidak muncul di pos mohon di klik 1x untuk melihat..