RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER
(RKPS)
Mata Kuliah : Matematika
Semester : Ganjil
Kode :
Sks : 2-3
SKS
Program Studi : TIP/Agroteknologi
Dosen : Dr.
Ir. Agnes Quartina Pudjiastuti, MS
Kompetensi:
Mata
Kuliah Matematika merupakan merupakan mata kuliah wajib pada PS TIP UNITRI untuk memahami, mempelajari dan dapat
menghitung serta dapat menjawab soal-soal yang berhubungan dengan aljabar
vektor, determinan dan sistem persamaan linier, matriks, turunan, turunan dari
turunan, fungsi, hubungan linier serta hubungan non linier dalam bidang
matematika. Mata kuliah matematika mempelajari tentang pengertian, rumus dan
perhitungan tentang cara menjawab soal yang berhubungan dengan aljabar vektor,
determinan dan sistem persamaan linier, matriks, turunan, turunan dari turunan,
fungsi, hubungan linier serta hubungan non linier dalam bidang matematika.
Tinjauan mengenai fungsi, limit fungsi dan kekontinyuan. Fungsi dan grafiknya,
terutama fungsi-fungsi linier, kuadrat, eskponen dan logaritma. Nilai maksimum
dan minimum. Diferensial integral, penggunaan hitung differensial integral,
vektor dan matriks
Learning Outcome:
1. Mampu
mengaplikasikan Iptek bidang keteknikan, matematis dan sains
2.
Memahami himpunan, operasi himpunan dan diagram venn
3.
Memahami fungsi kontinu dan diskontinu
4.
Memahami limit dan aplikasinya
5.
Memahami turunan (1,2,3, implisit,sebagian)
6.
Memahami integral terbatas dan tidak terbatas
7.
Memahami persamaan differensial, gradien, persamaan garis singgung, nilai max
dan min, titik belok
8.
Memahami matrik (penjumlahan dan perkalian matrik, determinan matrik dan
transformasi
matrik)
9.
Memahami vektor, penjumlahan dan perkalian vektor
Sumber
Bacaan
1.
Dumairy. 2002. Matematika Terapan. BPFE.
Yogyakarta.
2.
Bertrand Russel. 2010. Principles of
Mathematics. The Bertrand Russell Peace Foundation Ltd. New York.
Capaian Pembelajaran, Materi, Metode Pembelajaran dan
Evaluasi
Mg Ke
|
KEMAMPUAN
AKHIR YANG DIHARAPKAN |
MATERI
PEMBELAJARAN |
BENTUK
PEMBELAJARAN |
KRITERIA
(INDIKATOR) PENILAIAN |
BOBOT NILAI (%)
|
I, II & III
|
Mampu
menjelaskan tentang konsep-konsep dasar matematika (himpunan)
|
1.
Penetapan kontrak perkuliahan
2.
Pengertian dan penyajian
himpunan
3.
Macam-macam himpunan
4. Operasi himpunan
5. Kaidah-kaidah matematika dalam pengoperasian himpunan
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tugas makalah (kelompok)
|
Pemahaman tentang konsep-konsep dasar matematika |
2,5
|
IV & VI
|
Mampu
menjelaskan tentang hubungan fungsional
|
1.
Pengertian dan unsur-unsur fungsi
2.
Jenis-jenis fungsi
3.
Penggambaran fungsi linier
4.
Penggambaran fungsi non-linier
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tugas makalah (kelompok)
|
Pemahaman
tentang hubungan fungsional
|
2,5
|
VII
|
Mampu menjelaskan hubungan linier
|
1.
Pembentukan persamaan linier
2.
Pencarian akar-akar persamaan linier
3.
Penerapan fungsi linier
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tugas makalah (kelompok)
|
Pemahaman tentang hubungan linier
|
|
VIII
|
Ujian Tengah Semester
|
|
|
|
25
|
IX
|
Mampu
menjelaskan hubungan non linier
|
1.
Fungsi kuadrat
2.
Fungsi kubik
3.
Penerapan fungsi non linier
|
-
Ceramah
-
Diskusi
- Tugas makalah (kelompok)
|
Pemahaman tentang hubungan non linier
|
2.5
|
X & XI
|
Mampu menjelaskan tentang limit dan kesinambungan
fungsi
|
1.
Pengertian limit
2.
Kaidah-kaidah limit
3.
Penyelesaian kasus-kasus khusus
4.
Kesinambungan fungsi
5.
Latihan limit dan kesinambungan
fungsi
|
-
|
|
|
XII & XIII
|
Mampu menjelaskan diferensial (turunan) sederhana
|
1.
Kuosien diferensi dan
derivative
2.
Kaidah-kaidah diferensial
3.
Latihan diferensiasi dasar
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tugas makalah (kelompok)
|
Pemahaman tentang diferensial (turunan) sederhana
|
2.5
|
XIV
|
Mampu menjelaskan diferensial
fungsi majemuk
|
1. Diferensial parsial
2. Derivatif dari derivative parsial
3. Nilai Ekstrim maksimum dan minimum
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tugas makalah (kelompok)
|
Pemahaman tentang diferensial fungsi majemuk |
2.5
|
XV
|
Mampu menjelaskan tentang
integral
|
1. Integral tak tentu
2. Kaidah-kaidah integrasi
3. Latihan integrasi tak tentu
|
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tugas makalah (kelompok)
|
Pemahaman tentang integral |
|
XVI
|
Mampu menjelaskan dan menerapkan
penggunaan matriks
|
1. Pengertian matriks dan vektor
2. Kesamaan matriks dan vektor
3. Pengoperasian matriks dan vektor
|
Tugas paper dan diskusi kasus-kasus agroteknologi
dan TIP dengan menggunakan matematika
|
Ketrampilan analisis masalah agroteknologi dan TIP
dengan menggunakan matematika
|
15
|
|
Ujian Akhir
|
|
|
|
25
|
Ketentuan
Umum :
1.
Mahasiswa
diharuskan menghadiri 80 persen
perkuliahan
2. Mahasiswa diharuskan mengerjakan
tugas dengan tepat waktu, keterlambatan mengumpulkan tugas dianggap tidak
mengumpulkan tugas.
3. Mahasiswa
diharuskan membuat kelompok
(minimal 5 kelompok dalam setiap
kelas)
4. Mahasiswa akan
diberi kewenangan untuk menilai aktivitas temannya
Penilaian :
Bobot Penilaian terdiri dari :
(1). Tugas : 50 % (dinilai oleh mahasiswa lainnya)
(2) UTS : 25 % (dinilai oleh dosen)
(3) UAS : 25
% (dinilai oleh dosen)
Kriteria
penilaian
Nilai A :
> 80
Nilai B+ : >
75 - 80
Nilai B :
70 -75
Nilai C+ : >65
- 69,9
Nilai C :
60 – 65
Nilai D+ :
55 – 59,9
Nilai D : <
55
Nilai E : Tidak
disiplin dalam
mengumpulkan tugas dan jarang hadir
0 komentar:
Posting Komentar
mohon di komen jika ada kesalahan dalam pengerjaan saya dan mempermudah saya mengoreksi tugas saya trims :
NB : jika gambar tidak muncul di pos mohon di klik 1x untuk melihat..